-->

5 Oleh Oleh Jajanan Kuliner Kudus Selain Jenang

5 Oleh Oleh Jajanan Kuliner Kudus Selain Jenang - Kamu tahu jenang? makanan yang manis seperti dodol? Ya, Jenang adalah makanan khas dari kota Kudus. Orang Jawa biasanya membuat jenang sebagai makanan khas mereka ketika orang Sundan punya dodol. Setiap pulang dari daerah Jawa yang dibawa pasti jenang. Karena memang jenang adalah makanan yang bisa dinikmati siapapun dan gampang untuk dijadikan oleh-oleh.

JIka kamu ke Kudus, kamu harus dong bawa oleh-oleh. Tetapi kalau bosan dengan jenang kamu bisa pilih makanan lain untuk di bawa ke rumah. Karena di Kudus tidak hanya ada jenang saja. Banyak makanan khas dan oleh-oleh khas Kudus yang bisa kamu bawa pulang sebagai buah tangan untuk orang rumah ataupun tetangga dan rekan kerja.


5 oleh oleh jajan kuliner Kudus selain jenang akan kami sajikan dalam artikel ini. Kamu pasti kebingungan bawa oleh-oleh Kudus. Maka dari itu kami akan sarankan beberapa untuk kamu. Berikut adalah jajanan kuliner kudus selain jenang yang harus dan wajib kamu bawa pulang sebagai buah tangan.

5 Oleh Oleh Jajanan Kuliner Kudus Selain Jenang

  • Keciput


Keciput adalah kue kering yang luarnya bertaburan wijen yang renyah. Tampilannya mirip onde-onde, hanya saja tidak ada isian dan dibuat kering sehingga bisa dibawa pulang dan bisa awet. Biasanya disajikan saat lebaran tiba, tetapi bisa juga kamu beli saat kamu ke Kudus.

  • Jangklong

Jangklong adalah jenis umbi-umbian yang hanya bisa ditemukan di Kudus. Jangklong ini memang hanya tumbuh subur di Lereng Gunung Muria. Umbi ini kaya akan vitamin B yang bisa membantu mengurangi resiko kangker, penyakit jantung, hingga stroke. Untuk kamu yang sedang diet, jangklong bisa kamu konsumsi sebagai obat pembantu diet. Jangklong bisa dibuat menjadi campuran berbagai olahan. Misalnya campuran membuat steak, atau bisa juga digoreng dengan tepung dan disajikan panas-panas.

  • Madu Mongso

Madu mongso ini bentuknya seperti dodol, rasanya sangat lezat. Dibungkus dengan bungkusan warna-warni yang cantik. Biasanya madu mongso ini merupakan kue ala lebaran. Tetapi, sekarang sudah bisa ditemukan kapanpun dan bisa menjadi oleh-oleh yang kamu bawa ke rumah saat berkunjung ke Kudus. Rasanya yang manis, cocok sekali jika disajikan dengan kopi pahit atau teh tanpa gula.

  • Rengginang

Rengginang juga bisa kamu jadikan oleh-oleh saat pulang dari Kudus. Makanan ini bentuknya seperti kerupuk, terbuat dari nasi ketan yang digoreng hingga renyah. Rasanya luar biasa gurih dan sangat lezat. Biasanya kita bisa menemukan rengginang di hajatan-hajatan orang-orang zaman dulu. Dan sekarang kamu bisa membelinya kapanpun kamu mau dan bisa jadi oleh-oleh yang lezat. Rengginang bisa dimakan menjadi makanan ringan pendamping minum kopi di pagi hari.

  • Kacang Bawang Sumber Gelis

Kacang bawang sumber gelis adalah kacang bawang yang rasanya sangat gurih dan lezat. Harganya sangat terjangkau dan rasanya super lezat. Untuk yang khas kudus kamu bisa mencoba dari merk Sumber Gelis yang sudah terkenal. Dibungkus dengan bungkusan yang modern, sehingga sangat cocok dibawa untuk oleh-oleh saat pulang dari Kudus.

Itulah 5 oleh oleh jajan kuliner Kudus selain jenang yang kami rekomendasikan untuk kamu yang datang ke Kudus. Jangan sampai tidak membawa buah tangan sepulang dari Kudus, atau kamu akan menyesal karena tidak mencicipi oleh-oleh khas dari kota Kretek ini. Selamat jalan-jalan.

Follow new update via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

-->