-->

3 Makanan Tradisional Khas Salatiga Semarang Jawa Tengah

3 Makanan Tradisional Khas Salatiga Semarang Jawa Tengah - Salatiga merupakan kota kecil yang ada di Jwa Tengah. Letaknya berada di antara dua gunung merapi dan gunung merbabu. Salatiga berada diantara kota Jogja dan Solo dan semarang (Joglosemar). Biasanya Salatiga ini dijadikan tempat untuk transit atau singgah. Dijadikan tempat singgah karena memang kota ini berada diantara dua kota yang ramai tempat wisata seperti Solo dan Jogja.

Jika kebetulan kamu sedang jalan-jalan ke Kota Salatiga, atau jika kebetulan singgah di kota ini wajib bagi kamu untuk coba oleh-oleh khas Salatiga yang juga sangat menarik dan sangat khas. Untuk beli oleh-oleh di Salatiga tidaklah sulit. Banyak penjaja di pinggir jalan  yang jualan makanan khas Salatiga.


Dan pada kesempatan kali ini, kami ingin membagikan 3 makanan tradisional khas Salatiga Semarang Jawa Tengah yang sangat banyak diburu oleh pengunjung. Meskipun kota kecil, salatiga memiliki potensi wisata kuliner yang cukup bagus. Karena dijadikan tempat singgah, Salatiga memiliki banyak tempat makan dan tempat belanja oleh oleh yang ramai dikunjungi orang. Dan berikut adalah makanan tradisional khas salatiga yang wajib kamu coba kalau datang ke sana.

Makanan Tradisional Khas Salatiga Semarang Jawa Tengah

  • Keripik Paru

Kalau kamu berkesempatan berkunjung ke Salatiga, kamu wajib banget bawa oleh oleh yang satu ini. Yaitu keripik paru. Keripik paru merupakan keripik yang banyak diburu oleh wisatawan. Bahan dari keripik ini adalah paru sapi pilihan dengan bahan baku yang berkualitas. Sehingga harganya pun tergolong cukup mahal. Keripik paru ini adalah keripik paru sapi asli yang dilumuri dengan tepung dan digoreng, setelah itu diberi bumbu agar lebih gurih.


Untuk beli keripik paru di Salatiga, kamu tidak akan susah nyarinya. Soalnya keripik paru sudah menjadi makanan khas Salatiga, sehingga bisa dengan mudah ditemukan di toko oleh oleh manapun di Salatiga.

  • Ampyang / Gula Kacang

Ampyang atau gula kacang ini merupakan makanan tradisional dengan bahan utamanya kacang tanah yang dibalut dengan gula merah. Rasanya sangat gurih dan manis. Ampyang ini warnyanya coklat kehitaman dari gula merah. Renyah kacang dipadukan dengan gula aren yang manis membuat rasanya sangat cocok jika disajikan dengan teh hangat untuk santapan sore hari atau pagi hari. Untuk varian rasa, biasanya selain rasa original juga ada rasa jahe.

Ampyang ini dijual di berbagai toko oleh oleh dan mudah ditemukan di manapun. Untuk orang Sunda biasa menyebutnya dengan noga kacang. Rasanya tidak jauh berbeda dengan Ampyang orang jawa ini. Dan kamu kalau ke Salatiga wajib beli oleh-oleh yang satu ini.

  • Enting Enting Gepuk

Enting enting gepuk juga merupakan makanan khas Salatiga yang wajib kamu coba kalau datang ke sini. Bahan dasar enting enting gepuk adalah kacang tanah. Kacang tanah ini dicampur dengan gula dan ditumbuk hingga halus sampai gula dan kacangnya menyatu. Setelah jadi, kacang ini dibungkus dan dibentuk prisma dibungkus kecil-kecil dengan kertas minyak. Rasanya sangat manis dengan rasa gurih yang bikin nagih. Kalau kamu pernah makan garuda ting-ting rasanya tidak jauh berbeda, tetapi bedanya enting enting gepuk ini dibuat secara alami oleh orang Salatiga. Enting-enting ini menjadi makanan tradisional yang sangat dibanggakan oleh masyarakat Salatiga. Karena sangat lezat dan jadi oleh oleh wajib saat kamu pulang dari Salatiga.

Itulah 3 makanan tradisional khas Salatiga Semarang Jawa Tengah yang wajib kamu bawa pulang setelah berkunjung ke kota Salatiga. Dengan begitu kamu bisa bagi bagi kebahagiaan kepada tetangga, keluarga, dan teman kerja. Salatiga memiliki banyak sekali tempat untuk wisata kuliner yang juga wajib kamu kunjungi jika datang ke sana. Selamat liburan dan jangan lupa bawa oleh-oleh.

Follow new update via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

-->