-->

10 Oleh Oleh Khas Solo Kekinian Yang Wajib DIbawa Pulang

10 Oleh Oleh Khas Solo Kekinian Yang Wajib DIbawa Pulang - Solo adalah tempat yang sangat unik dengan berjuta warisan budaya yang masih melekat di sini. Orang Solo itu sangat ramah-ramah dan sangat berbudi. Keraton Solo juga menjadi daya tarik wisatawan yang datang ke Solo. Keraton Solo memberikan pengaruh yang sangat besar pada kota Solo yang kental dengan budaya ini. Selain itu, Solo juga dikenal dengan kota yang penuh dengan pusat belanja. Banyak kuliner lokal yang sangat menggugah selera. Di Solo juga banyak sekali tempat yang bisa dijadikan tempat belanja oleh-oleh kerajinan tradisional yang bisa dijadikan kenang-kenangan. Dan kota Solo, merupakan kota dimana orang pertama di Indonesia, Presiden Joko Widodo dilahirkan.

Banyak sekali tempat yang bisa kamu kunjungi di Solo. Dan banyak juga tempat makanan lezat yang bisa kamu kunjungi di Solo. Dan jangan lupa bawa oleh-oleh untuk kawan, keluarga dan kerabat sepulang dari Solo. Karena oleh-oleh Solo ini sangat istimewa untuk dilewatkan. 


Dan berikut ini akan kami bagikan referensi oleh-oleh khas Solo yang wajib banget kamu bawa ke rumah untuk dijadikan oleh oleh. Jadi, selain kamu yang bahagia karena sudah datang ke Solo, kamu juga harus bawa kebahagiaan ke orang lain dengan membawa oleh oleh khas Solo. Berikut adalah 10 oleh oleh khas Solo kekinian yang wajib dibawa pulang.

10 Oleh Oleh Khas Solo Kekinian Yang Wajib DIbawa Pulang
  • Oleh Oleh Khas Solo Intip
Intip adalah oleh oleh khas Solo yang wajib banget kamu bawa pulang. Karena makanan yang satu ini selain awet juga sangat lezat rasanya. Rasa yang orisinil membuat manakan ini jadi buah tangan wajib jika kamu datang ke Solo. Intip adalah gorengan yang terbuat dari nasi kerak nasi goreng. Tapi keraknya bukan sembarang kerak, karena memang intip ini sengaja dibuat dengan menggunakan cetakan dan tersedia dalam berbagai rasa. Rasanya sangat renyah karena dibumbui sebelum digoreng.

  • Oleh Oleh Khas Solo Ampyang

Ampyang adalah makanan tradisional khas Solo yang juga wajib kamu bawa pulang. Ampyang merupakan kacang tanah yang dibalut dengan gula merah. Di daerah lain mungkin juga ada dengan nama yang berbeda, tetapi rasa dari ampyang Solo ini sangat berbeda dan punya ciri khas. Harga satunya sangat murah, mulai dari 4 ribu rupiah hingga 15 ribu rupiah saja. Dan rasanya pasti bikin nagih. Cocok dimakan jadi pendamping kopi atau teh.

  • Oleh oleh khas Solo Abon Mesran

Abon Mesran merupakan abon khas solo yang sangat legendaris. Abon ini merupakan olahan daging sapi dan ayam yang rasanya manis pedas. Dengan citarasa y ang khas, Abon Mesran ini bisa kamu jadikan teman makan nasi. Oleh-oleh ini awet kalau mau dibawa pulang karena tidak cepat basi dan punya tanggal kadaluarsa. Untuk harganya, jangan khawatir bikin dompet tipis, karena harganya hanya 40 ribu hingga 70 ribu saja. Tergantung ukuran abonnya.

  • Oleh oleh Khas Solo Rambak Petis

Rambak adalah kerupuk kulit khas Solo. Kulitnya sendiri adalah kulit kerbau atau sapi. Tapi untuk kulit kerbau sekarang jarang ditemui karena sudah jarang yang memelihara kerbau. Jadi, kamu pasti akan banyak menemui kulit sapi. Dinamakan petis, karena kamu bisa mendapatkan sambal petis kalau beli kerupuk ini. Rasa rambak yang gurih dicocol dengan sambal petis yang pedas, membuat kamu gak bisa berhenti makan cemilan ini. Dan rambak petis jadi oleh-oleh wajib yang harus kamu bawa pulang dari Solo.

  • Oleh oleh khas Solo Serbat

Serbat ini adalah minuman tradisional dari Solo. Serbat merupakan minuman tradisional yang wajib kamu bawa untuk kakek atu nenek kamu. Serbat ini terbuat dari rempah-rempah alami yang dikemas dalam bentu tablet dan disajikan hanya dengan menyeduhnya dengan air hangat. Tetapi, Serbat juga bisa dikonsumsi seperti kamu makan permen. Kemasan serbat ini berbentuk panjang dengan isi beberapa tablet. Serbat ini berkhasiat menghangatkan tubuh dan memiliki banyak khasiat yang bagus untuk kesehatan. Membuat badan segar dan nafsu makan jadi bagus.

  • Oleh oleh khas Solo Srundeng

Srundeng memiliki bentuk mirip seperti abon. Bedanya, kalau serundeng ini bahan utamanya adalah kelapa ketika abon dibuat dari daging. Srundeng ini bisa dijadikan teman makan nasi atau taburan ayam goreng. Rasa srundeng ini berbeda-beda, ada pedas dan ada juga yang original. Rasanya gurih dan cocok disajikan dengan nasi hangat serta ayam goreng.

  • Oleh oleh khas Solo Brem

Siapa yang tidak tahu makanan brem. Brem merupakan makanan yang berbahan dasar tape yang kalau dimakan rasanya dingin dan lumer dimulut. Kita biasanya menemukan di kota Madiun atau Jogja. Nah, tetapi ternyata brem juga bisa ditemukan di Kota Solo. Kamu pasti penasaran dong bagaimana rasa brem dari solo, bagaimana bedanya brem solo, madiun dan jogja itu. Brem Solo ini bedanya bentuknya yang dibuat bulat dan pipih. Tekstur dari bremnya lebih kering dan warnanya lebih putih. Jadi, ada bedanya dengan brem madiun atau Yogja.

  • Oleh oleh Solo Balung Kethek

Balung kethek itu artinya tulang monyet kalau dalam bahasa Indonesia. Makanan ini merupakan keripik singkong yang diberi bumbu balado. Yang istimewa, singkong Balung Klethek ini diiris dengan irisan yang akan tebal. Rasanya sangat gurih, dan bikin nagih. Banyak rasa yang tersedia untuk balung kethek ini. Ada rasa jagung manis, rasa balado, rasa ayam bakar, rasa gurih, rasa pedas, rasa keju dan manis pedas. Yang paling banyak diminati para pelancong adalah rasa jagung manis. Dan kamu wajib coba makanan ini untuk dibawa pulang dijadikan buah tangan untuk sanak keluarga dan tetangga.

  • Oleh oleh khas Solo Roti Kecik Genep

Roti kecik genep ini merupakan kue kering yang bisa dikonsumsi kapanpun. Rasanya gurih manis dan sangat cocok untuk dijadikan camilan minum teh atau kopi. Cocok juga untuk dimakan anak-anak karena bentuknya yang panjang-panjang dan tidak keras. Kamu wajib coba makanan khas solo ini. Untuk harganya sangat terjangkau, untuk yang paling kecil kamu bisa beli dengan harga 5000 saja, hingga yang paling besar harganya 57.000.

  • Roti Mandarin Orion

Roti mandarin orion ini merupakan primadona oleh oleh khas Solo. Setiap orang yang datang ke solo pasti pulangnya mencari roti mandarin ini. Rasanya sangat khas dan belum ada yang bisa menandingi citarasa dari roti mandari orion ini. Roti ini bisa kamu beli salah satunya di rumah makan Timlo. Kamu bisa beli roti ini langsung setelah dimasak. Jadi fresh from the oven banget kalau beli roti ini. Ukurannya berbeda-beda tergantung kebutuhan. Dan harganya bisa dibilang cukup murah, dibandrol dengan harga mulai dari 100 ribu per dusnya.

Itulah 10 oleh oleh khas Solo kekinian yang wajib dibawa pulang. Oleh oleh khas Solo memiliki citarasa yang sangat kaya dan sangat lezat. Untuk kamu yang bertandang ke Solo wajib hukumnya untuk beli buah tangan khas solo untuk keluarga ataupun teman kerja. Dengan begitu mereka bisa juga merasakan makanan khas solo tanpa harus pergi ke Solo.

Follow new update via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

-->