-->

8 Makanan Khas Bogor yang Terkenal

8 Makanan Khas Bogor yang Terkenal- Pasti Kamu sudah gak asing lagi dengan salah satu kota yang terdapat di Jawa Barat bernama Kota Bogor? Kota yang populer dengan puncak Bogor sebagai ikon wisatanya membuat banyak orang dari berbagai belahan pulau bahkan belahan dunia datang berbondong-bondong untuk menikmati keindahan wisata di kota ini. Selain puncak ternyata juga masih banyak objek wisata lainnya di kota Bogor yang pesonanya tak kalah dengan puncak guys sehingga mampu menyihir para wisatawan untuk terus berdatangan ke kota Bogor.

Hal ini juga tentu saja menjadi salah satu faktor pendorong untuk membangkitkan ekonomi masyarakat Bogor dalam hal kuliner. Karena selain memburu objek wisata, biasanya para wisatawan juga memilih mengisi perut dengan berbagai makanan khas daerah tersebut. Banyak juga makanan khas Bogor yang lezat yang sayang untuk kamu lewatkan saat berwisata ke kota Bogor. Berikut ini adalah 8 Makanan Khas Bogor yang Terkenal.

8 Makanan Khas Bogor yang Terkenal


Laksa Khas Bogor

Makanan khas bogor yangw ajib Kamu coba pertama kali saat berkunjung ke kota Bogor adalah laksa. Cocok banget nih guys buat menu sarapan pagi Kamu di Bogor. Lebih maknyus rasanya jika laksa khas Bogor dinikmati dalam keadaan panas. Konponen laksa Bogor terdiri atas ketupat, bihun, telur rebus, toge, tahu yang kemudian dikasih kuat berwarna kuning. Biasanya daun kemangi ditambahkan agar sajian laksa menjadi lebih segar saat dinikmati.

Asinan Khas Bogor

Jika Kamu lagi liburan ke Kota Bogor jangan lupa untuk membeli asinan sebagai oleh-oleh untuk karib kerabat kamu di rumah guys. asinan khas bogor terdiri atas aneka macam buah-buahan yang sudah diasinkan seperti mangga muda, jamu air, kemang, menteng, kedondong, bengkuang, anggur bogor, nanas dan pala yang ditambah kuah cuka dengan rasa asam, manis dan pedas, tidak lupa juga ditambah taburan kacang goreng. Asinan yang terbuat dari buah menteng adalah asinan yang banyak dicari, karena rasanya asam namun menyegarkan.

Doclang Khas Bogor

Kamu yang bukan dari wilayah Jawa Barat pasti baru mendengar makanan bernama Doclang bukan? Doclang adalah salah satu makanan yang banyak dicari ketika seseorang mampir ke kota Hujan ini. sebenarnya doclang ini mirip sama kupat tahu atau lontong sayur guys. Declong terdiri atas pesor, potongan yahu goreng, potongan kentang rebus goreng, telur rebus, kerupuk yang kemudian ditambah kuah berupa bumbu kacang cair dan kecap. Pesor itu guys sejenis ketupat yang dibikin dari beras putih dibungkus dengan menggunakan daun patat, kemudian direbus selama beberapa jam. Nah daun patat ini biasanya ditemukan di kaki Gunung Salak Bogor.

Cungkring Khas Bogor

Cungkring khas Bogor adalah makanan lezat selanjutnya yang sayang banget untuk Kamu lewatkan ketika mampir ke kota Bogor guys. cungkring adalah makanan yang dibuat dari kikil dan kepala sapi yang dimasak dengan menggunakan bumbu kuning dan bumbu kacang. Makanan ini nyaris mirip dengan sate sih guys, hanya saja biasanya dimakan dengan tempe atau oncom goreng yang ditepungi. Makanan ini disajikan menggunakan daun pisang yang dipincuk, sehingga membuat sajian cungkring menjadi tidak biasa dan sangat enak untuk disantap.

Toge Goreng Khas Bogor

Makanan lezat khas bogor berikutnya yang bisa Kamu nikmati saat berwisata ke kota Bogor adalah toge goreng. Walaupun namanya toge goreng tapi toge tersebut gak digoreng lho guys. togenya tetap ditebus untuk kemudian dicampur dengan ketupat, mie, irisan tahu serta oncom. Setelah itu kombinasi bahan tersebut disiram dengan bumbu olahan yang dibikin dari kacam, oncom dan tauco. Sekali mencoba togo goreng khas Bogor ini dijamin deh Kamu ketagihan untuk menjajal kenikmatannya kembali guys. Rasanya gak nguatin deh pokokny.

Ubi Cilembu Khas Bogor

Sayang banget deh guys jika Kamu ke bogor gak mampir beli ubi Cilembu. Rasanya gak kalah manis sama madu guys. Tak heran jika ubi Cilmebu menjadi buruan para wisatawan yang singgah di kota Bogor. Cairan lengket yang keluar ketika ubi dibakar menjadi kekhasan tersendiri yang dimiliki oleh ubi Cilembu. Cairan ini pulalah yang bikin rasa ubi Cilembu begitu legit dan memiliki rasa yang istimewa dibanding jenis ubi lainnya. Jika Kamu berwisata ke wilaya h puncak pasti sangat mudah menemukan ubi Cilembu dijajakan. Tidak heran memang, suasana puncak yang dingin memang pas banget ditemani dengan makanan hangat nan manis bernama ubi bakar Cilembu. Jadi, jangan sampai deh Kamu pulang dari Bogor nyesel karena gak mencicipi manisnya ubi Cilembu Guya.

Talas Khas Bogor

Makan banget ya guys makanan khas yang dimiliki eoleh kota Bogor ini. Talas adalah makanan lezat khas Bogor yang harus Kamu coba berikutnya ketika melipir ke Kota Bogor. Talas Bogor biasanya disajikan dengan dikukus, digoreng atau direbus yang ena banget dimakan sambil minum kopi. Seiring dengan perkembangan zaman, talas Bogor kini tidak hanya bisa dijumpai dalam bentuk olahan mentahan talas, tetapi sudah bertranspormasi dalam bentuk makanan modern yang berbahan dasar talas. Bolu, brownies, donat dan aneka kue lainnya yang berbahan dasar talas bisa Kamu bawa pulang untuk oleh-oleh keluarga di rumah guys.

Dodongkal Khas Bogor

Jika ingin menikmati makanan lezat khas Bogor bernama dodongkal Kamu bisa menjumpainya di pagi hari dan menjadikan dodongkal sebagai menu sarapan Kamu di kota Hujan guys. dodongkal dibikin dari bahan dasar beras yang kemudian digiling menjadi tepung yang kemudian dicampur dengan parutan kelapa dan gula aren. Parutan kelapa beserta gula arennya pun selain dicampurkan, biasanya dihidangkan secara utuh dikombinasikan dengan dodongkal supaya rasanya semakin maknyus.

Itula 8 Makanan Khas Bogor yang Terkenal yang sayang banget untuk Kamu lewatkan saat mampir di kota Bogor.

Follow new update via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

-->