-->

7 Wisata Keren Geopark Ciletuh untuk Liburan Akhir Tahun

7 Wisata Keren Geopark Ciletuh untuk Liburan Akhir Tahun- Akhir tahun dianggap sebagai waktu yang tepat untuk menghabiskan liburan bareng keluarga. Berwisata yang seru tidak melulu ke kota besar kok guys, kini ada bermacam objek wisata kece yang bisa Kamu jumoai di kota kecil Sukabumi. Yups, kawasan tersebut dikenal dengan kawasan Geopart Ciletuh yang memiliki area sangat luas mencakup 8 kecamatan di Sukabumi.

Ada lebih dari 50 objek wisata yang tersaji di kawasan Geopark Ciletuh. Tapi bagi Kamu yang memiliki watu liburan cukup pendek tak ada salahnya untuk mengunjungi 7 Wisata Keren Geopark Ciletuh  sebagai representasi keindahan wisata Ciletuh.

7 Wisata Keren Geopark Ciletuh untuk Liburan Akhir Tahun 



Tebing Panenjoan

Tebing Panenjoan adalah wisata keren pertama yang bisa Kamu kunjungi ketika ingin menghabiskan liburan akhir tahun di kawasan Geopark Ciletuh. Tebing dengan ketinggian 300 mdpl ini bisa Kamu jumpai di Desa Taman Jaya. Lokasinya sudah ditata semaksimal mungkin demi kenyamanan para pengunjung. Pagar pembatas yang berjejer di tepi tebing, menara-menara, teras pandang serta tulisan elok dengan ejaan PANENJOAN memperindah kawasan tebing.

Panorama alam raksasa Ciletuh bisa Kamu saksikan dari Tebing Panenjoan ini. Dinding bukit yang berhadapan langsung dengan laut selatan seolah menjadi perisai bagi pesawahan, perbukitan serta pemukiman warga yang berada di bawahnya. Garis Pantai Palangpang tampak begitu mempesona dari kejauhan. Memasuki area Bukit Panenjoan hanya dikenai biaya parkir saja kok guys.

Pantai Palangpang

Pantai mempesona yang terletak di Desa Ciwaru ini menjadi tempat yang paling menarik untuk mengeksplor Geopark Ciletuh. Pasir pantai di sebelah kiri jalan akan menyambutmu ketika sudah melewati tempat pelelangan ikan. Beberapa penginapan serta warung di seblah kiri dan kanan jalan pun bisa Kamu jumpai saat menuju Pantai Palangpang. rangkaian tulisan GEOPARK CILETUH yang seolah membentuk garis pantai menjadi tempat favorit untuk para pengunjung mengambil gambar.

Curug Cimarinjung

Jika Kamu berwisata ke Geopark Ciletuh kurang afdol rasanya jika gak mampir ke Curug Cimarinjung. Bagian atas dari curug ini bisa terlihat dari Pantai Palangpang guys. Curug atau air terjun yang juga terletak di Desa Ciwaru ini memiliki ketinggian lebih dari 50 meter. Masyarakat setempat menamai curug tersebut dengan Curug Goong karena sering terdengar suara gong yang bersumber dari curug tersebut di hari-hari tertentu.

Gong itu dipercaya sebagai gong tersembunyi peninggalan keraton alam gaib. Baru sedimen berjenis batu pasir tufan dan breksi menghiasi dinding curug. Di aliran yang sama juga terdapat dua curug yang dinamai Curug Nyelempet dan Curug Dogdog. Ketiga curug ini terbentuk karena proses tektonik yang terjadi. Nah curug ini memiliki peran yang besar untuk para petani di sana guys, karena digunakan untuk mengairi pesawahan yang ada di bawahnya.

Hanya butuh waktu tempuh 5 menit jika Kamu ingin menuju curug ini dari Pantai Palangpang. sepanjang perjalanan Kamu akan disambut dengan pesawahan dan perbukitan di kiri dan kanan jalan. Nanti dari tempat parkir Kamu masih perlu berjalan kaki menuju curug sekitar 5 menit. Ketika samapai ke tujuan Kamu akan disusguhkan dengan oanorama curug yang begitu mempesona.

Dua bongkah batu besar yang ditumbuhi dengan rerumputan hijau berdiri di ujung tebing sebagai penanda khas yang dimiliki curug ini. Aliran air yang sempit di bagian atas, membentur batu di bagian tengah sehingga membuat aliran air melebar pada bagian bawah adalah kekhasan yang dimiliki oleh Curug Cimarinjung. Yakin nih mau melewatkan Wisata Keren Geopark Ciletuh untuk Liburan Akhir Tahun?

Curug Sodong

Curug di Geopart Ciletuh yang satu ini dikenal juga dengan Curug kembar karena terdapat dua aliran curug yang berdampingan. Tinggi kedua curug ini mencapai 20 meter. Jauh di atas curug tersebut tampak Curug Cikanteh yang tak kalah mempesona. Jika aliran airnya tidak terlalu besar, Kamu akan melihat bentuk gua di balik aliran air tersebut.

Namun jangan berani masuk sembarangan ya guys jika tak didampingi oleh permandu. Butuh waktu 45 menit dari Pantai Palangpang menuju Curug Sodong. Parkir mobil atau motor sangat dekat dengan lokasin curug kok guys, sehingga Kamu gak perlu berjalan jauh untuk sampai ke curug dari tempat parkir. Kamu hanya perlu menuruni anak tangga yang sudah tertata rapi. Kamu bisa mengambil gambar sepuasnya dari depan, kiri ataupun kanan curug.

Curug Awang

Curug Awang di kawasan Geopark Ciletuh ini memiliki keindahan sebelas duabelas dengan air terjun Niagara guys. memiliki tingga sekitar 40 meter dan lebar 60 meter. Dinding air terjun tersusun atas bebatuan yang berwarna coklat. Di sekitar aliran air terjuan Kamu melihat pesawahan yang dihiasa dengan bebatuan purba. Cukup jauh juga sih guys untuk menuju Curug Awang, kurang lebih 1 jam dari Curug Sodong.

Akses jalannya juga dalam keadaan rusak guys. Kmau juga akan diapit oleh kebun jati dan kebun sawit ketika menempuh jalur ke Curug Awang. Beberapa gubug yang biasa digunakan warga sekitar untuk mengolah gula kelapa juga bisa akan Kamu jumpai. Jika mau menikmati panorama Curug Awang dari atas gampang, karena tempatnya datar. Lain halnya jika Kamu ingin melihat keindahan Curug Awang lebih dekat, Kamu hatus turun melewati jalan yang curam dengan modal seutas tali untuk membantu melancarkan perjalanan Kamu menuju bawah curug.

Puncak Darma

Kamu yang ingin menghabiskan liburan akhir tahun di Puncak Darma bisa mengambil rute dari Curug Cimarinjung. Jalan ke Puncak Darma masih belum memadai guys, sehingga tida memungkinkan untuk membawa mobil sendiri. Kamu harus sewa mobil 4WD atau naik ojek dengan tarif 60 rb rupiah pulang pergi. Jika ingin berjalan Kaki bisa juga kok dengan watu tempuh 1,5 jam hingga 2 jam.

Itulah 7 Wisata Keren Geopark Ciletuh untuk Liburan Akhir Tahun yang sangat sayang untuk dilewatkan saat Kamu memilih liburan di Kawasan Geopark Ciletuh.

Follow new update via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

-->