-->

10 Tempat Wisata Kediri Paling Favorit

 Siapa bilang sulit cari tempat wisata di Kediri ? Tempat wisata di Kediri sangat banyak dan beragam. Mulai dari wisata religi hingga wisata air, semuanya ada di kediri. Kediri adalah salah satu kota di Jawa Timur, yang mana ada kampung yang sangat terkenal di Kediri yaitu Pare Kampung Inggris.

Selain belajar di Kampung Inggris, Anda juga bisa mencoba jalan-jalan ke tempat wisata Kediri. Banyak sekali tempat wisata yang bisa dikunjungi di Kediri. Dan pastinya akan menjadi momen yang tidak bisa dilupakan saat berkunjung ke Kediri.


Apa sajakah tempat seru yang bisa Anda kunjungi saat di Kediri? Yuk kita simak artikel kami, 10 tempat wisata kediri yang bisa Anda kunjungi dan paling favorit banyak orang. 

  • Wisata Kediri Gunung Kelud
Tempat Wisata Kediri pertama yang kami rekomendasikan yaitu wisata Gunung Kelud. Ini adalah tempat wisata yang paling banyak disukai anak muda di Kediri. Gunung ini masih berstatus aktif dan terakhir kali meletus pada tahun 2014. 

Gunung Kelud memiliki panorama alam yang sangat menawan, sehingga tidak heran kalau banyak orang yang tergoda untuk datang ke Gunung Kelud. 

Anda jangan khawatir jika belum pernah mendaki, atau tidak ingin mendaki untuk menikmati pemandangan Gunung Kelud. Karena baik pendaki maupun bukan pendaki, bisa menikmati keindahan alamnya. Untuk yang bukan pendaki, ada jalan khusus yang bisa dilalui kendaraan, sehingga bisa melihat pemandangan tanpa harus capek-capke treking.

  • Wisata Kediri Monumen Simpang Lima Gumul
Monumen smpang lima Gumul ini adalah ikon kota kediri yang sangat terkenal. Di sini Anda bisa berbincang dengan sahabat-sahabat, berfoto, diskusi hingga wisata kuliner. Di tempat ini juga Anda bisa berkreasi dengan teman-teman Anda. Tempatnya sangat luas dan berada di tengah-tengah jalan kota.

Monumen ini mirip sekali dengan Arc de Triomphe di Paris. Sehingga, Anda yang belum sempat ke Paris bisa berkunjung terlebih dulu ke Gumul wisata Kediri ini. Di monumen ini banyak relief dan ukiran yang berupa cerita rakyat yang berkembang di Kediri pada zaman dahulu.

Pemandangan alam di Simpang Lima Gumul ini sangat indah. Apalagi di malam hari penjaja makanan semakin banyak. Sehingga Anda bisa menikmati keindahan Gumul sambil menikmati bakso hangat bersama teman-teman.

Di sini Anda juga bisa menikmati sunset dan sunrise, itulah kenapa jika Anda datang di sore hari akan banyak pengunjung yang datang ke sini. 

  •  Wisata Kediri Paradise Island
Jika Anda mencari tempat wisata yang bisa dinikmati seluruh keluarga Anda, datanglah ke Paradise Island Kediri. Wisata air ini sangat diminati banyak keluarga di Kediri, terutama pada hari libur sekolah. Banyak anak-anak dan keluarganya menghabiskan waktu liburan di Paradise Island.

Wahana permainan di Paradise Island cukup banyak. Anda bisa bermain slide kecepatan, slide tubuh, cetakan luar ruangan, boomerang, kolam tumpah dan masih banyak lagi. 

Fasilitas penduku area wisata ini juga lengkap. Sambil menunggu anak-anak bermain, Anda bisa makan di area Foodcourt, fasilitas mushola juga tersedia, loker dan juga giftmart.
  • Wisata Kediri Air Terjun Dolo
Air terjun Dolo sangat terkenal di Kediri. Air terjun ini sangat indah dengan udara sejuk dan pemandangan yang sangat alami. Sehingga siapapun yang datang kesini akan betah berlama-lama berendam di sekitar air terjun Dolo.

Air Terjun Dolo berada di dusun Besuki, Desa Jugo kecamatan Mojo. Dari pusat kota kediri, air terjun Dolo berjarak kurang lebih 25 Km. Lokasinya berada di dtaran tinggi dan berada pada ketinggian sekitar 1800 mdpl. Air terjun ini berada di Lereng Gunung Wilis dengan ketinggian air mencapai 125 meter.

Anda bisa melakukan banyak aktifitas air di sini, seperti mandi dan fasilitas lain seperti jogging, camping ground, play ground, dan lain sebagainya. Fasilitas umum seperti mushola, toilet, warung, juga sudah lengkap.

Anda juga bisa sewa villa jika ingin bermalam di air terjun Dolo Kediri ini. Jarak dari villa ke air terjun dollo sekitar 4 KM, Anda bisa berjalan kaki atau naik kendaraan untuk menuju air terjun Dolo.

  • Wisata Kediri Sumber Ubalan
Jika mencari wisata alam di Kediri, Sumber Ubalan adalah jawabannya. Tempat ini sangat cocok dikunjungi Anda dan keluarga. Sumber Ubalan adalah wisata alam yang berada di hutan lindung. Dengan berbagai fasilitas hiburan, kolam renang dan taman bermain di sini.

Objek utama dari Sumber Ubalan adalah sumber air yang berada di dalam. Para pengunjung akan disuguhi sumber air yang terdapat ikan kecil yang sangat tenang. Air yang jernih dan segar ini tidak bisa dijadikan tempat berenang. Dan pengunjung dilarang untuk berenang di area tersebut begitupun pengunjung dilarang untuk memancing di area ini.

  • Wisata Kediri Goa Selomangleng
Bagi masyarakat Kediri, goa Selomangleng memiliki legenda yang sangat dipercaya oleh masyarakat setempat. Dikisahkan goa ini adalah tempat Dewi Kilisuci bertapa. Beliau adalah putri Raja Airlangga yang enggan menerima tahta kerajaan yang dititahkan pedanya.

Goa ini diukir dengan cantik, dan terbagi menjadi tiga bagian. Isi dari guanya sendiri tidak terlalu luas. Tetapi nuansa mistis dan gelap sangat kental di goa ini. 

Tidak jauh dari tempat wisata Goa Selomangleng, ada juga tempat wisata lain seperti Museum Airlangga, Gunung Klotohok, dan Gunung Maskumambang. Lokasi goa Selomangleng berada di sekitar 7 km dari pusat kota Kediri.

  • Wisata Kediri Candi Surawana
Candi Surawana adalah objek wisata yang berdekatan dengan Kampung Inggris. Sehingga tempat ini selalu menjadi tempat favorit para pelajar dari Kampung Inggris untuk berlibur. 

Candi Surawana adalah candi Hindu yang memiliki nilai sejarah yang tinggi. Diperkirakan dibangun pada abad ke-14 untuk memuliakan raja kerajaan Wengker bernama Bhre Wengker. Ukuran Candinya sendiri tidak terlalu besar, hanya berukuran 8x8 m saja.

Candi Surawana adalah tempat yang tepat untuk Anda yang ingin belajar sejarah. Jika ingin tahu sejarah yang lebih dalam tentang Candi Surawana, Anda bisa bertanya langsung ke kuncen yang ada di Candi tersebut.

  • Wisata Kediri Goa Maria Pohsarang
Ada juga wisata religi yang terkenal di Kediri yaitu patung Maria Lourdes yang berupa miniatur dari gua Maria Lourdes yang ada di Prancis. Goa ini berdekatan dengan gereja Poh sarang, dan menjadi tempat ziarah orang Katolik.

Komplek goa Maria Pohsarang berada di desa Pohsarang, Kecamatan Semen, Kediri. Objek wisata ini sangat menarik perhatian banyak orang, apalagi orang Katolik. Sehingga goa ini tidak pernah sepi pengunjung.

  • Wisata Kediri Konto River Rafting
Untuk Anda yang suka dengan wisata yang menguji adrenaline, Anda bisa mencoba river rafting atau arung jeram di sungai Konto. Dari pusat kota, sungai Konto bisa ditempuh dengan jarak 40km. Dengan waktu tempuh 40 menit berkendara dari pusat kota.

Wisata Kediri Konto River terbilang masih sangat baru. Tetapi peminat arung jeram di sini cukup banyak. Panjang sungainya sendiri sekitar kurang lebih 13km. 

Itulah tempat wisata Kediri yang bisa Anda kunjungi saat jalan-jalan ke Kediri. Anda bisa memilih tempat wisata yang cocok dengan Anda. Jika Anda suka dengan olahraga ekstrim, Anda tentu bisa mencoba wisata Koto River rafting. Selamat liburan.

Follow new update via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

-->